HIBURAN KARAOKE MEMBERI KESAN POSITIF

HIBURAN KARAOKE MEMBERI KESAN POSITIF

Menyanyi atau melakukan aktiviti karaoke merupakan salah satu aktiviti santai dan mengembirakan. Aktiviti seumpama ini sering dilakukan di pusat karaoke, di majlis perkhawinan, majlis keramaian dan di rumah persendirian. Seseorang yang gemar melakukan aktiviti karaoke di tempat awam akan kelihatan ceria dan lantang bersuara, ini kerana dari segi psikologi rasa malu dan segan akan pudar dalam dirinya. Aktiviti karaoke juga boleh dilakukan secara bersendirian atau berkumpulan. Hari ini, kebanyakkan isi rumah membeli set karaoke sistem bagi tujuan hiburan diri di rumah. Dalam masa sama, aktiviti seumpama ini dapat mengeratkan lagi ikatan silatur rahim dikalangan keluarga dan sahabat handai.

Sehubungan dengan itu juga, selain daripada hanya berhibur atau aktiviti sukaria, hiburan karaoke juga memberi kesan positif kepada diri seseorang. Menurut sumber dalaman, berikut adalah beberapa kebaikan atau manfaat yang tersirat semasa melakukan aktiviti karaoke yang dijelaskan oleh liputan.com untuk pengetahuan bersama;





HIBURAN KARAOKE MEMBERI KESAN POSITIF



1. Memproduksi hormon bahagia

Hormon endorphin atau yang sering disebut hormon bahagia akan dikeluarkan saat kita bernyanyi dan akan membuat kita merasa senang. Walaupun punya suara pas-pasan, tapi kalau sudah happy maka stres juga bisa hilang bukan?

Hal itu pun dibenarkan oleh Profesor Takeshi Tanigawa dari Ehime University Graduate School of Medicine. Menurutnya, saat karaoke bersama teman-teman, seseorang biasanya mendapat applause usai bernyanyi. Ini juga merupakan bentuk dari apresiasi yang membuat seseorang jadi bahagia.


2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Jangan salah, sistem imun tubuh juga bisa meningkat ketika hormon stres atau kortisol menurun. Penelitian tersebut dilakukan oleh akademisi dari University of California, seperti dikutip dari The Conversation.

Dari penelitian itu, diperoleh bahwa konsentrasi secretory immunoglobin A atau protein dalam sistem imun tubuh untuk antibodi, meningkat secara signifikan saat bernyanyi. Semakin rutin karaoke, berarti imun tubuh semakin baik dan sehat.


3. Menyehatkan jantung dan paru-paru

Menurut Profesor Graham Welch dari University of London, aktivitas bernyanyi bisa menyehatkan jantung dan paru-paru. Welch sudah meneliti aktivitas ini selama 30 tahun dan mengatakan kalau menyanyi sama halnya dengan melakukan aktivitas aerobik yang akan meningkatkan pasokan oksigen ke aliran darah.

Dengan pasokan oksigen yang baik, Anda akan terhindar dari gelisah, tekanan darah tinggi, penurunan daya ingat, gangguan pernapasan, hingga serangan jantung. Dengan jantung dan paru-paru yang sehat, Anda bisa menikmati hidup lebih lama bukan?


4. Meningkatkan rasa percaya diri

Dengan karaoke bersama teman atau rekan kerja, Anda akan “dipaksa” untuk unjuk gigi soal kebolehan bernyanyi. Tentu hal ini bisa dikatakan sebagai tantangan.

Di sinilah Anda bisa belajar mengasah rasa percaya diri dengan maksimal. Semakin tinggi rasa percaya diri yang Anda miliki, maka semakin kuat pula pribadi Anda ketika menerima tekanan di dunia kerja atau bisnis.

Dan dengan kemampuan yang kuat dalam menerima tekanan, Anda tidak akan mudah stres. Tanpa stres, kerja pun makin produktif. Tidak ada lagi juga yang namanya izin tidak masuk karena sakit-sakitan.


5. Menstimulasi otak dengan baik

Jangan salah, tidak cuma kerja saja yang harus mikir. Nyanyi juga mikir lho, terutama saat karaoke.

Ketika karaoke, Anda akan diminta untuk menyanyi dengan mengikuti teks yang terpampang di layar agar nyanyiannya pas dengan irama. Secara tidak langsung, aktivitas ini akan menstimulasi otak Anda. Jadi tidak hanya pernapasan saja yang diolah, otak juga diolah ketika karaoke.


6. Menguatkan pita suara

Sejatinya, semua orang yang profesinya erat dengan “presentasi” atau bicara, disarankan untuk belajar menyanyi. Menyanyi akan melatih Anda untuk menguatkan pita suara, sehingga suara Anda terdengar lebih lantang dan menyakinkan sehingga kondisinya juga akan semakin sihat. Sumber: liputan.


Tambahan itu juga, pembukaan pusat-pusat hiburan khususnya karaoke atau k-box yang berlesen oleh pihak berkuasa pasti memberi harapan semangat kepada mereka yang minat bernyanyi. Tanpa disedari juga, hingga ke hari ini hasil daripada aktiviti hiburan karaoke, ramai lahirnya generasi berbakat samada dari kawasan bandar mahupun luar bandar yang mempunyai suara lunak dan merdu. Disamping itu juga, perkara ini amat baik kepada diri sendiri/ mereka kerana selain daripada dikenali, mereka yang berbakat pasti dapat menjana pendapatan di masa mendatang. 


Post a Comment

0 Comments

Featured Post

Selamat Hari Raya Aidilfitri